BeritaMunas Apeksi di Kota Jambi, Pedagang Raup Untung

Munas Apeksi di Kota Jambi, Pedagang Raup Untung

JAMBI - Perhelatan Musyawarah Nasional (MUNAS) ke V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2016 di Kota Jambi resmi ditutup, Kamis (28/7), dengan terpilihnya ketua Apeksi yang baru Airin Rachmi Diany, SH, MH (Wali Kota Tanggerang Selatan-red).
 

Namun rangkaian kegiatan pertemuan Wali Kota se-Indonesia di Kota Jambi tersebut masih berlangsung, seperti Indonesia City Expo di GOR Kotabaru yang digelar hingga tanggal 31 Juli mendatang.

Munas Apeksi tidak hanya menjadi kolaborasi antar daerah, namun event nasional yang dihadiri tidak kurang 4 ribu orang itu juga berdampak pada bergeliatnya ekonomi di Kota Jambi. Hal itu terlihat dari tingginya kunjungan hotel, rumah makan, sentra-sentra ekonomi lain seperti kuliner khas daerah, kerajinan, dan batik Jambi termasuk gerai-gerai UMKM.

Pengerajin batik Jambi, Hijir mengatakan, dagangannya laris manis terjual. Ia berhasil meraup keuntungan berlipat. "Omset harian kami naik dua sampai tiga kali lipat sejak dimulainya perhelatan event nasional Apeksi ini," ujarnya.

Sementara itu salah seorang pedagang makanan dan oleh-oleh khas daerah dikawasan Telanaipura Jambi, mengatakan, jumlah pembeli di tokonya meningkat tajam sejak Rabu (27/7). "Omset penjualan di toko saya naik menjadi Rp 10 juta, padahal hari biasa paling besar hanya sekitar Rp 3 juta,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan tersebut akibat tingginya permintaan produk khas daerah karena banyaknya tamu dari daerah lain yang mengunjungi Kota Jambi saat pelaksanaan Apeksi.

Terlebih lagi katanya diantara pembeli itu ada juga salah seorang Wali Kota peserta Apeksi. "Saya lupa namanya, tapi ada fotonya, itu Wali Kota belanja kesini dalam jumlah besar," terangnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, bagi Kota Jambi menjadi tuan rumah event nasional tidak hanya bertujuan sebagai wadah peningkatan kerjasama antar daerah anggota Apeksi, namun juga sebagai media promosi yang luar biasa masifnya. Karena berbagai sisi mulai dari soal pariwisata hingga terdongkraknya ekonomi bisa terwujud dari penyelengaraan sebuah event nasional.

"Multi player effect ini yang lebih kita harapkan, karena peserta Apeksi ini tidak hanya mengikuti Munas, namun juga menginap, makan dan belanja di Kota Jambi. Sampai hari ini sudah puluhan miliyar uang masuk di Kota Jambi, ini ditunjukkan dengan tingginya transaksi yang terjadi saat ini," tambahnya.

Apalagi menurut Abu Bakar, bersamaan dengan Munas Apeksi juga berlangsung Pawai Budaya Nusantara dan Indonesia City Expo (ICE) pameran produk unggulan dari berbagai daerah yang juga menyediakan pasar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dari seluruh Indonesia khususnya UMKM yang di Kota Jambi.
 
SUMBER: BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KOTA JAMBI.