BeritaBerhasil Bangun Koperasi, Wali Kota Jambi Terima Satya Lencana Pembangunan

Berhasil Bangun Koperasi, Wali Kota Jambi Terima Satya Lencana Pembangunan

JAMBI - Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, hari ini (Kamis 21/7) dijadwalkan akan menerima tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dan UMKM langsung dari Presiden RI Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke 69 di Jambi.

Anugerah tanda kehormatan yang diberikan negara kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha itu adalah berdasarkan keberhasilan serta kebijakan Wali Kota Jambi yang pro kepada perkoperasian dan usaha mikro kecil menengah di Kota Jambi yang selaras dengan Nawacita.

Selain itu juga penilaian yang dilakukan oleh Sesmil (Sekretaris Militer-red), yang sengaja melakukan tinjauan lapangan serta mendengar langsung presentasi dari Wali Kota Jambi itu pada awal Juni lalu.

Sebagaimana diketahui program pembangunan dalam paket kebijakan yang pro rakyat Wali Kota Jambi mampu membuat koperasi sebagai sokoguru ekonomi dan UMKM di Kota Jambi semakin tumbuh dan bergeliat.

Beberapa program Syarif Fasha itu diantaranya, seperti penataan PKL dan UMKM melalui koperasi, pendampingan serta berbagai pelatihan keterampilan dan bantuan peralatan kepada koperasi dan UMKM pun semakin meningkat. Pemkot juga mengupayakan penerbitan hak kekayaan intelektual (HAKI) serta sertifikat halal untuk produk koperasi dan UMKM.

Selain itu, Ia juga berhasil mengupayakan berbagai bantuan baik dari pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM maupun dari sektor swasta lain Kota Jambi. Sementara cita-citanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dikawasan Danau Sipin yang memiliki potensi tenun dengan membangun kawasan itu menjadi Kampung Tenun pun akhirnya akan menjadi kenyataan. Pada tahun 2016 ini penataan Kampung Tenun dan pengerjaan workshop tenun dikawasan itu sudah mulai dikerjakan.

Wali Kota Fasha juga menegaskan kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Jambi agar melakukan pendataan koperasi-koperasi yang masih aktif, maupun yang sudah tidak aktif lagi. Ia juga menugaskan kepada Dinas terkait untuk melakukan pembinaan kepada koperasi-koperasi termasuk yang sudah tidak aktif lagi jika masih memungkinkan untuk dapat tumbuh kembali.

Kepada media ini, penerima penghargaan Bhakti Koperasi tahun 2015 itu mengatakan, penghargaan yang akan diterimanya adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Jambi termasuk unsur jajaran Pemerintah Kota Jambi yang telah bekerja mewujudkan Kota Jambi Bangkit.

Wali Kota yang juga dikenal dengan konsep "enterpreneur beurocratic"nya ini menambahkan ada atau tidaknya penghargaan dirinya akan tetap terus bekerja. "Ada atau tidaknya penghargaan itu kami tetap terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas bersama masyarakat membangun Kota Jambi," tegasnya.

Wali Kota Syarif Fasha Ini juga menyampaikan apresiasi atas ditunjuknya Kota Jambi sebagai tuan rumah puncak Hari Koperasi Nasional ke 69 Tahun 2016.

"Saya atas nama Pemerintah dan segenap masyarakat Kota Jambi, menyampaikan selamat datang di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Semoga puncak Hari Koperasi Nasional ke 69 tahun ini menjadi momentum kolektif mereformasi koperasi sebagai sokoguru ekonomi guna mewujudkan ekonomi berdikari," pungkasnya.

SUMBER: BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KOTA JAMBI.