BeritaWalikota Fasha Bantu Korban Kebakaran

Walikota Fasha Bantu Korban Kebakaran

Fasha minta korban kebakaran sabar dan tawakkal.

JAMBI - Mendengar terjadinya kebakaran yang menimpa warganya di Kota Jambi, membuat Wali Kota Syarif Fasha segera membagi waktu menuju lokasi kejadian. Setelah giatnya menyambut kafilah MTQ Kota Jambi, Selasa siang kemarin (19/7), Wali Kota Fasha pun langsung bergegas menuju Panti Asuhan Rifahiyatul Bilad di kawasan Kelurahan Tambak Sari Kecamatan Jambi Selatan yang menjadi korban kebakaran tersebut.

Kedatangan Wali Kota didampingi Kepala Dinas Sosnaker Kota Jambi Kaspul, Kepala BPBD dan Damkar Ridwan serta Camat Jambi Selatan Fahmi, disambut haru oleh korban dan masyarakat sekitar lokasi kebakaran.

Kebakaran yang terjadi di panti asuhan dengan 57 orang penghuni itu, telah menghanguskan unit rumah dan tidak menimbulkan korban jiwa, namun mengakibatkan kerugian material yang diperkirakan ratusan juta rupiah.

Dihadapan korban musibah kebakaran, Wali Kota menyatakan rasa prihatinnya atas peristiwa tersebut, dan dirinya berharap agar para korban sabar serta dapat diberikan kekuatan dalam menghadapinya.

"Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Jambi, menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah ini, semua yang menimpa saudara-saudara kita ini tentu tidak ada yang menginginkannya, namun karena ini adalah sunnatullah (takdir-red) dan siapapun tidak bisa menghindarinya," ujarnya.

Fasha juga mengharapkan agar para korban berserah diri kepada Allah dalam menghadapi musibah tersebut.

Fasha juga sempat melakukan peninjauan satu-persatu kerumah korban yang telah rata dengan tanah. Wali Kota sekaligus langsung menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran. Fasha mengatakan bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Jambi adalah untuk membantu korban melewati masa sulit pasca terjadinya kebakaran.

"Kehadiran kami disini selain mengunjungi kami juga merasakan apa yang dialami warga kami. Hari ini kami juga menyerahkan bantuan kepada saudara kami yang mengalami musibah kebakaran yang selama ini juga selalu kami bagikan kepada semua korban bencana. Bantuan ini juga telah didata sesuai dengan kebutuhan. Dan jika dilihat dari bentuk serta nilainya mungkin terlalu kecil untuk musibah yang kita alami. Tapi ini adalah bentuk perhatian pemerintah Kota Jambi kepada warganya, kami akan selalu hadir disaat warga kami membutuhkan," ujarnya.

Terkait dengan kemungkinan adanya dokumen-dokumen penting yang hilang seperti ijazah, Akta Kelahiran, KK,  dan lain-lain, Wali Kota minta agar dilaporkan ke RT, Lurah hingga Camat untuk dibantu pemrosesan pembuatannya.

Fasha juga mengingatkan dan menghimbau agar musibah ini dapat menjadi pelajaran untuk berhati-hati khususnya memperhatikan instalasi dan penggunaan alat-alat rumah tangga yang menggunakan arus listrik.

"Kami menghimbau agar memeriksa instalasi listrik dirumah yang sudah lama, dan jangan memaksakan penggunaan alat-alat listrik melebihi kapasitas watt yang tersedia," tegasnya, sembari juga mengajak masyarakat untuk berhemat dengan menggunakan listrik sesuai kebutuhan dan jangan meninggalkan rumah dalam kondisi peralatan listrik masih menyala.
 
SUMBER: BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KOTA JAMBI.