BeritaHari Guru Nasional, Ribuan Guru Peringati Bersama Walikota Fasha

Hari Guru Nasional, Ribuan Guru Peringati Bersama Walikota Fasha

Hari Guru Nasional, Ribuan Guru Peringati Bersama Walikota FashaJAMBI - Ribuan guru se-Kota Jambi padati lapangan utama kantor Walikota, Senin pagi (28/11). Para guru bersama siswanya itu khidmat mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 71 dengan inspektur upacara Walikota Jambi H. Syarif Fasha.

Walikota Jambi Syarif Fasha yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para guru. Ia juga mengatakan para guru harus bangga karena telah dipercaya menjadi seorang pendidik yang memiliki peran mulia dan strategis.

"Guru memiliki peran yang amat mulia dan strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, kita akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru," ujar Fasha.

Fasha juga mengatakan sejak ditetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Ia menjelaskan pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal diantaranya dengan meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Oleh karenanya upaya itu juga diharapkan berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru yang dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

"Kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri," tegas Fasha.

Fasha juga menjelaskan peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional.

Walikota Jambi Syarif Fasha yang baru saja menerima anugerah Kihajar Award untuk yang kedua kalinya itu juga berharap agar monentum Hari Guru Nasional tahun ini dapat menjadi spirit membangun kesadaran kolektif para guru, tenaga kependidikan, serta stakeholder dalam membangun pendidikan di Kota Jambi yang profesional dan berkualitas.

Walikota yang terkenal dengan "Program Ngapelin di Sekolah itu" juga telah banyak membentuk Duta Narkoba di sekolah-sekolah. Ia berharap para guru dapat mendukung program Duta Narkoba dalam rangka membangun generasi emas Kota Jambi. Fasha juga memberikan kabar baik bagi para guru. Selain akan meningkatkan tunjangan, ia juga berjanji akan memberikan pakaian seragam bagi para guru di Kota Jambi.

Diakhir sambutannya Walikota Fasha juga menyampaikan ucapan selamat kepada para guru yang merayakan Hari Guru Nasional itu.

"Selamat berhari Guru, harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang lebih cemerlang. Insya-Allah kita semua akan dimuliakan oleh Yang Maha Mulia. Jadilah guru berkemajuan. Ayo hormati guru!," ujar Fasha.

Dalam acara tersebut, Walikota Fasha juga sempat menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang telah mengikuti lomba dalam rangkaian Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di Kota Jambi baru-baru ini.

SUMBER: BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KOTA JAMBI.